Minggu, 22 Mei 2016

15 Cara Untuk Mencegah Penipuan Online


Sumber: http://www.cfinancialfreedom.com/15-ways-prevent-online-fraud-identity-theft/

Hai guys! Kali ini kami akan membahas tentang cara-cara untuk mencegah kalian dari penipuan online yang sedang marak terjadi akhir-akhir ini. Mungkin kebanyakan dari kalian berpikir penipuan online itu hanya sekedar penipuan saat belanja online saja, tetapi jangan salah loh, masih banyak jenis penipuan online lainnya yang sering terjadi di internet. Penipuan online dan pencurian identitas merupakan masalah yang besar. Hacker ada dimana-mana. Nah, bagaimana sih pencurian identitas dan penipuan online ini dapat terjadi ke kita? Ini adalah daftar metode-metode penipuan online dan pencurian identitas yang umum terjadi:
  • Data Breaches: seorang hacker (atau bahkan karyawan yang dipercaya) menerobos masuk ke dalam komputer perusahaan atau pemerintah untuk mencuri data. (termasuk info seperti nomor kartu kredit, nama, alamat)
  • Skimming: terjadi pada titik transaksi. Ini biasanya terjadi ketika seorang karyawan di sebuah pom bensin, restoran, atau bisnis lainnya menggunakan scanner kartu kredit tangan untuk mencuri informasi anda dan mencuri informasi anda yang nantinya akan pelaku gunakan
  • Unsecure Smartphone: Smartphone tidak selalu aman. Ketika anda membuat panggilan, menggunakan aplikasi, mengirim pesan, atau email, seseorang mungkin memantau kegiatan anda. Dengan peralatan yang tepat atau aplikasi berbahaya, sangat mudah untuk mendapatkan akses ke smartphone dan mencuri data di ponsel itu. 
  • Phishing: upaya agar anda memberi informasi pribadi. Biasanya datang dalam bentuk email yang meminta informasi dari seseorang yang menyamar sebagai bank atau badan resmi lainnya.
  • Unsecure Internet Connections: Menggunakan koneksi wifi publik yang tidak aman juga dapat menjadi masalah. Karena wifi tersebut dibuka untuk umum dan tidak aman, orang lain dapat memantau aktivitas Anda dan mendapatkan akses ke komputer Anda. 

Nah, cukup banyak kan contoh-contoh kejahatan online itu? Maka itu kita harus berhati-hati saat menggunakan internet. Jangan sampai hal-hal diatas terjadi pada anda. Sekarang hidup serba mudah, tinggal bawa smartphone kemana-mana, dan anda sudah membawa segalanya dengan anda. Buat anda yang susah lepas dengan smartphonenya, inilah 15 cara untuk mencegah anda agar tidak terkena penipuan online: 

  1. Protect Your Passwords: Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun online. Jaga password anda menggunakan password manager online. Password yang paling aman mengandung setidaknya 8 karakter dan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  2. Use Cash: Debit dan informasi kartu kredit selalu dicuri. 
  3. Never Give Information to Unsolicited Callers: Meskipun ada beberapa bisnis yang sah yang menjual melalui telepon, banyak yang sebenarnya tidak sah.
  4. Keep Your Smartphone Protected: Gunakan aplikasi antivirus. Juga gunakan kunci kata sandi dan aplikasi data yang menghapus yang dapat Anda akses dari komputer jika ponsel Anda dicuri. 
  5. Secure Your WiFi at Home: Gunakan enkripsi yang aman pada jaringan rumah Anda sehingga tidak dapat dihack dengan mudah.
  6. Don’t Click the Links: Jika ada email yang mencurigakan, jangan klik link apapun. Jika Anda mengklik link, jalankan scan penuh dengan perangkat lunak antivirus Anda secepatnya.
  7. Keep Your Operating System Up to Date: buatlah OS Anda dan web browser agar up to date. Mengaktifkan pembaruan otomatis dalam pengaturan anda membuat hal ini dengan sangat cepat tanpa harus terus melakukannya sendiri.
  8. Use a Firewall and Antivirus Software: Anda juga dapat mengatur ini untuk scan otomatis untuk secara konsisten menjaga komputer Anda bersih dari virus dan masalah lainnya.
  9. Check Your Bank Accounts Frequently: Semakin sering Anda memeriksa akun Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk melihat aktivitas yang mencurigakan dengan cepat.
  10. Only Buy From Online Retailers You Trust: Ada banyak sekali situs scam di luar sana yang menawarkan harga yang sangat rendah pada barang yang diinginkan. 
  11. Never Use a Public Network When Accessing Sensitive Information: Tunggu sampai mendapatkan jaringan yang aman sebelum memeriksa rekening bank Anda atau mengakses informasi pribadi lainnya.
  12. Use an Identity Protection Service: seperti Life Lock dan Identitas Garda dapat menyediakan pemantauan konstan dan membuat Anda dilindungi jika identitas Anda terganggu.
  13. Delete Suspicious Emails: Ketika Anda mendapatkan email yang mencurigakan, benar-benar menghapusnya dari komputer Anda.
  14. Don’t Carry Your Social Security Card: Biarkan terkunci di tempat yang aman. Anda akan hampir tidak pernah perlu memiliki kartu yang sebenarnya dengan Anda.
  15. Shred Important Documents: Beberapa orang akan mencari melalui tong sampah anda untuk menemukan dokumen penting. Merobek-robek dokumen anda akan memberikan keamanan ekstra.

Best Regrads,



0 komentar:

Posting Komentar