Sabtu, 30 April 2016

Apa Itu "Good Share"?



Hai, Guys! Pasti banyak kalian yang memikirkan pertanyaan ini:

“Sebenernya apasih Good Share itu?”

Jadi, penjelasan secara lebih jelas dan mendalam bisa kalian baca di Our Background and Project, tetapi disini kami akan memberikan penjelasan singkat mengenai apa sih sebenernya tujuan dari project kmampanye kami.

Jadi, pertama-tama apasih yang kalian pikirkan saat mendengar kata “Media Sosial“? Udah pasti seperti twitter, instagram, facebook, path dan sebagainya. Dan siapasih anak jaman sekarang yang nggak punya account media sosial? Pasti semuanya pada punya deh! Dan udah pasti dong kalian semua pada suka sama fitur-fitur yang di berikan dalam media sosial, apalagi dengan fitur canggih yang ditawarkan seperti instagram bisa membuat kita membagikan foto-foto, twitter untuk membagikan cerita-cerita pendek kita dalam sebuat tweet, maupun path yang membuat kita bisa check-in tempat yang lahi hits dan lagu yang kekinian.

Eh, tapi apa kalian tau nggak sih kalo sekarang bermedia sosial udah nggak sebebas itu? Bebas dalam artian kalian tetap boleh kok membagikan cerita, pengalaman, maupun bersosialisasi dengan teman kalian di media sosial, tetapi sekarang udah ada UU ITE yang sekarang mengharuskan kalian untuk lebih cerdas dalam bermedia sosial.

“Cerdas?” Yap guys, kalian sekarang dituntut untuk lebih memikirkan lagi tentang konten apa, atau kalimat apa yang akan di bicarakan dalam media sosial, dalam konteks berbicara yang tidak boleh biasanya mengarah kepada kalimat-kalimat bersifat hate speech atau kalimat yang menjelek-jelekan, nggak hanya seseorang saja, tetapi juga yang menjelekan ras, agama maupun suku tertentu. Karena jika tidak cerdas dalam memilih konten yang akan di share  ke media sosial dan ternyata masuk dalam melanggar UU ITE kalian bisa di jerat hukuman penjara loh! Dan udah banyak kan kasus-kasus penyalahgunaan media sosial yang berakibat buruk pada diri pemakai sendiri.

Nggak maukan media sosial yang harusnya buat senang-senang malah jadi petaka? Kita disini bukannya mau nmenakut-nakuti kalian agar tidak lagi menggunakan media sosial, kita hanya ingin memperingatkan kalian untuk lebih memikirkan dahulu mengenai apa konten yang akan kalian bagikan di media sosial, dan apa yang dibagikan harus bisa juga di tanggung jawabkan sama kalian.
Karena media sosial tersebut atas nama kalian loh, ya kan? pasti saat mendaftar dalam suatu media sosial kalian menggunakan data pribadi kalian, bukan orang tua kalian, teman kalian , dan sebagainya. Maka dari itu gunakan media sosial secara bertanggung jawab dan cerdas agar fungsi media sosial tidak hanya sebagai sarana menyebar kebencian tetapi tetap sebagai sarana dimana kalian bisa meng explore diri kalian dan bisa menambah koneksi dengan berbagai macam orang di berbagai belahan dunia;).

Pasti masih banyak kan pertanyaan yang ada di pikiran kalian, seperti:

“apa aja sih yang dilarang dalam media sosial?”

“Secara garis besar UU ITE tuh isinya apa aja sih?”

“Lalu bagaimana cara kita untuk menjadi lebih cerdas dan bertanggung jawab dalam meggunakan media sosial?”

So, stay tuned for our next posts!


Regrads,



0 komentar:

Posting Komentar